Sikap #day25


Do not let, a girl come home alone at the night

Do not let, a girl come home alone at the night -

Jangan pernah sekalipun kamu laki-laki membiarkan seorang perempuan pulang sendirian di malam hari. Sesusah apapun itu, se-nggak-sempet-apapun-se-capek-apapun-se-cuek-apapun.

Perempuan, sekuat-kuatnya perempuan mereka adalah mahluk yang paling mudah diincar dan dijadikan objek kejahatan. Begitu banyak hal-hal yang membahayakan perempuan. Karena perempuan itu lemah, ngga berdaya, dan ngga bisa ngelawan. Kita juga tau kan banyak berita yang memberitakan kejahatan yang banyak menelan korban perempuan. Bahkan hampir setiap hari di berita ada satu atau dua berita tentang kejahatan yang dialami perempuan. Sebagai salah satu perempuan saya sedih.

Dan sedihnya lagi kejahatannya banyak dialami di malam hari. Kalo misalnya ada yang bilang " ya salah sendiri anak perempuan pulangnya malem", atau ada yang bilang " lagian ngapain malem-malem baru pulang". Mungkin mereka harus di buka matanya, karena dikampus saya yang namanya ngerjain tugas pasti sampe malem. yaa pulang malem buat anak perempuan memang tabu. Di keluarga saya aja batas main cuma boleh sampe jam 10. Disini aja saya agak bandel. Tapi bandelnya bukan saya main malem-malem nongkrong, atau balapan motor. Tapi ya emang gitu, tugasnya banyak, deadliners, ngga cuma satu tugas aja yang dikerjain.

Terus sebenernya perempuan ini bisa terhindar dari hal-hal memabahayakan kaya gitu. Salah satunya dengan diantar pulang oleh temen laki-lakinya. Lah ya emang tugas laki-laki gitu kan melindungi wanita. Se kuat apapun, se tomboy apapun, se mandiri apapun, perempuan is perempuan. Mereka bisa terancam sewaktu-waktu.

Apasih susahnya nganterin doang. Emang kalian para laki-laki ngga kasian gitu kalo misalnya temen kalian di apa-apain. Kalo misal dia bawa motor, seenggaknya ya dikawal gitu dari belakang. Ditemenin pulangnya. Ngga susah kan?.

Perempuan mungkin terkesan merepotkan disaat-saat kaya gini. Tapi coba inget deh, ibu kamu nih perempuan kan? Terus semisal ibu kalian pulang ngaji baru selesai malam hari, dan tidak ada yang mau mengantar pulang ibu kalian, dan ibu kalian berjalan sendirian malam-malam, dan dijalan ada yang berniat jahat, kalian sedih ngga?. Sama sedihnya sama perempuan yang pulang malam sendirian.

Jadi pria juga yang gentle kalian ga perlu nanya
" berani ngga pulangnya sendiri? "

Udah tau perempuan mikirnya pake hati, pake ditanyain kaya gini segala ya pasti jawabnya ngga enakam lah, pasti antara
" gausah nanti kamu capek "
" mmm aku ngerepotin kamu ntar, sendiri ajaa.."
" aku beranii kok, lagian kan rumahku jauh"
Atau yang paling klasik
" kalo kamu capek aku sendiri aja, gapapa kok"
Dan ngeselinnya laki-laki itu meng-iya-kan dengan pulang duluan.

Yaampun ngga perlu lah nanyain cewek berani atau engga pulang duluan. Ga perlu lah nawarin mau dianter atau engga. Tapi langsung bilang " yuk aku anter " kalo dia ngga mau ya ikutin aja atau paksa aja. Karena perempuan emang gitu ga enakan. Tapi jangan karena perempuan ngga enakan terus kalian jadi keenakan.

Ngga usah nanya kalo mau nganterin perempuan tapi langsung tindakan aja. Itu baru namanya sikap.

Perempuan sebenernya takut, tapi ya ngga mau ngerepotin, tapi ya ngga berani juga pulang sendiri. Gimana kalo dia dijalan bawa motornya ngebut karena ketakutan diikutin orang terus kecelakaan coba gimana?. Ini bukan suudzon, atau negtif thingking tapi mencoba tidak membenarkan membiarkan perempuan pulang malam-malam sendiri.

Soo, please do not, let your girl, or your friend come back home late night alone.

Sebete apapun, semarah apapun, se malas apapun, jangan pernah sekalipun membiarkan seorang perempuan pulang malam sendirian. Jangan pernah. Karena kalian tidak pernah tau potensi kejahatan apa saja yang mengintai mereka.

Ambil sikap, jadilah pria bijaksana, yang mampu menjadi pelindung perempuan. Yang mampu membuat orang lain bernafas lebih lega ketika kamu berada di dekat mereka. Berbuat baik toh tidak pernah merugikan to?.

Ps : iya ini curhat karena udah dua kali dibiarkan pulang sendiri, padahal mah itu cuma basabais busuk nyuruh dia balik duluan kalo capek. Dan dia pulang beneraan doong. Padahal niatannya cuma basa-basi doang karena gaenak kalo minta dianter pulang. Dan udah dua kali juga digodain masmas di pangkalan ojek, dan yang tadi malem ditabrak terong-terongan yang lagi main mercon depan perumahan. Ini antara kesel, sedih, merana. Ohh i miss my kamen rider, dulu ga pernah yang namanya pulang malem sendiri. Selalu di anter. Selalu, meskipun sayabilang ngga mau, dia diamdiam ngikitin saya dari belakang sampe pengkolah deket perumahan, tapi itu dulu sama dia. Hmmm.

No comments:

Post a Comment