HAZARD #day 9


Lagi sebel sama orng Indonesia. Iyaaa. Orang indonesia tuh gitu

Lagi sebel sama orng Indonesia. Iyaaa. Orang indonesia tuh gitu
Sukaa lucu. Apa susahnya antri, sampe harus nyelonong.
Apa susahnya nunggu palang kereta naik lagi, tapi nyelonong aja.
Apa susahnya coba nunggu lampu merah jadi ijo. Tapi yagitu tetep aja nyelonong.

Bukan lagi bawel atau sok jadi paling bener sendiri.
Tapi cuma lagi heran. Kenapa oramg Indonesia kaya gitu?.
Setiap ditanya pasti jawabnya, udah biasa. Nah kebiasaan yang salah kaya gini kenapa malah banggaaaa?????. Coba jelaskan sama adek bang, kenapa harus kaya gitu?. Kenapa harus membudayakan yang salah?

Iya ceritanya beberapa hari yang lalu habis berantem sama bapak-bapak. Oke please di underline bapak-bapaknya. Bapak-bapak dengan anak dan istrinya naik motor, iya bapak-bapak yang sudah berumur, lebih dewasa dan harusnya lebih bijaksana.

Jadi masalahnya adalah, kita lagi antri bensin nih di pom. Terus saya antri paling terakhir. Ya manusia mana sih yang suka nunggu. Saya aja males nunggu. Apalagi nungguin kamu yang ga pekapekaa maaas *eh. Tapi yaa namanya juga kita hidup bermasyarakat ya, kalo orang lain antri ya kita juga harus antri. Dan saya juga bukan tipe orang yang suka nyelonong gitu juga kan. Moral hazard itu penting.

Nah udahlah saya ikut antri. Kebetulan antriannya emang panjang. Tapi yaudah kan ya antri aja apa susahnya sih? Ngga akan kok beres ngantri tiba-tiba udah punya cucu empat gitu kan ga mungkin kan?. Nah saya antri dengan damai sambil ketawa-ketawa sama temen saya. Sampe tiba-tiba si bapak ini udah berhenti di sebelah saya. Awalnya saya biasa aja. Dan tiba-tiba si bapak ini maksa banget buat masuk ke barisan di depan saya.
Bapak : " mbak minggir mba"
Saya : *cengo. Sambil melotot. Padahal matanya sipit. Ga ngaruh yakan! -_- *
Bapak : " mbak awas dulu!"
Saya : lah kan saya yang dateng duluan *ngomongnya masih woles*.
Bapak : *nurunin anaknya suruh nyusulin emaknya*, " minggir mbak!"
Saya : loh kan saya yang antri duluan. Budayain antri dong! * mulai nyolot*
Terus beberapa kali kita sempet adu cepet majuin motor. Dan saya kekeuh buat ngga mau ngalah sama si bapak. Lah kan saya yang antri duluan ya. Ya ngga mau ngalah lah. Lagian siapa suruh bapaknya ngajakin adu gituan sama saya. Mana mau saya ngalah -_-.

Sampai akhirnya final, motor si bapak nabrak bleki. Waaaaa yang ini gabisa ditahan marahnya. Soalnya udah laper juga waktu itu. Mana aus pula.
Saya : *melototin bapaknya*
Bapak : kan udah dibilang minggir dulu.
Pengennya ya pas bapaknya bilang kaya gitu kalimat yang muncul tuh yang ini "eh ente yee udah tua tapi ngga tau diri. Liat tuh orang orang pada antri ini malah nyelonong. Malu sama umur pak!."

Tapikan kalo marah harus beretika ya, jadi ga gitu marahnya
Saya cuma bilang
" duhhh orang Indonesia yaaa, suruh antri aja gamau. Budaya sopan santun aja ga punya. Gimana mau ngedidik anak. Duh moral hazard banget yaa. Duh ga ngerti lagi"

Dan akhirnyaaaa, si bapak tahu diri dan mundur ke belakang saya. Herannya kok dia ngga malu gitu ya?. Kalo saya sih mending ga jadi antri terus buru-buru pergi. Masalahnya tuh gitu udah salah, ngeyel, ngga malu lagi kan ngeselin. -_-

Jadi ya gitu deh, sebenernya yang salah bukan budayanya sih. Tapi mind set orangnya. Kenapa sih budaya salah masih aja terus dipelihara. Yaudah gitu udah tau salah kenapa ga berhenti. Bukannya nabi Muhammad aja menyayangkan perbuatan yang tercela, apalagi perbuatan tercela yang membudaya.

Kasian kan orang Indonesianya jadi di cap jelek. Padhal yang jelek ya oknum-oknum yang kaya gini. Jadi moral hazard itu pada intinya penting, karena kita hidup ngga sendiri. Kita hidup di bumi sama manusia-manusia lain. Yang juga memiliki hak yang sama dengan kita. jadi jangan sok iye, jangan sok kuasa mentang-mentang punya jabatan, lebih tua, punya duit banyak yakan.

Cukup jadi manusia yang banyak melakukan kebaikan dan tahu diri.

#NulisRandom2015 #day9

No comments:

Post a Comment